Training Of Leadership 2016

Training of Leadership (TOL) merupakan sebuah kegiatan edukatif yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Industri UMS untuk membentuk karakter mahasiswa baru yang dapat menciptakan sikap kepemimpinan serta tanggung jawab terhadap suatu persoalan sehingga peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan Training of Leadership ini sudah dilaksanakan selama beberapa tahun, yang manfaatnya sudah terlihat pada terciptanya mahasiswa yang aktif dan kritis sampai saat ini.

Training of Leadership terlaksana pada tanggal 4–6 November bertempat di Markas Komando Yonif 413 / Bremoro, Brigade Infantri Kostrad, Palur, Mojolaban, Sukoharjo, acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut mengusung tema “Menumbuhkan Karakter Disiplin dan Kekeluargaan”, dimana setiap peserta acara tersebut diharapkan dapat menjadi mahasiswa yang disiplin, bermental baja dan menumbuhkan sifat kekeluargaan terhadap seluruh mahasiswa teknik industri UMS, serta Training of Leadership juga sebagai sarana temu mahasiswa teknik industri ums dengan para alumninya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut menghadirkan suatu simulasi perkuliahan dengan sedikit modifikasi untuk mempersiapkan mental mahasiswa baru yang dimaksudkan mereka tidak akan kaget ketika masuk ke dunia perkuliahan. Adapan hal-hal yang dilakukan saat TOL adalah adanya materi tentang pelajaran penting yang menambah kecakapan individu yang dibawakan oleh para kakak tingkat dan alumni, kemudian pelatihan PBB digunakan melatih kepercayaan diri mereka dalam menggerakan tubuh dan bersinergi dengan teman. Kemudian terdapat outbond positif yang berguna untuk mengakrabkan diri antara peserta TOL dengan para kakak tingkat yang ikut terlibat dalam acara TOL tersebut.

Tiga hari TOL dilaksanakan seluruh peserta kembali ke rutinitas perkuliahan, acara TOL pun selesai. “Harapan serta cita cita dari pelaksaan TOL semoga bisa diterapkan dan akan terus tertanam pada diri mahasiswa, sehingga mampu bertanggung jawab dan memiliki sifat kepemimpinan yang kuat. We Are The Best Engineer!